TECHNOLOGY FOR INDONESIA

B e a s i s w a K a r y a S a l e m b a E m p a t

Give2Asia adalah organisasi nirlaba internasional yang menghubungkan perusahaan, yayasan, dan individu dengan proyek amal dan perusahaan sosial di seluruh Asia. Sejak 2001, Give2Asia telah membangun jaringan lebih dari 2.000 penerima hibah dan 15.000 donor di 25 negara dari Afghanistan hingga Australia. Organisasi ini berbasis di San Francisco, CA. Pekerjaan Give2Asia berfokus pada isu-isu utama seperti perawatan kesehatan, lingkungan, kesiapsiagaan dan bantuan bencana, dan pengentasan kemiskinan. Mereka percaya bahwa pengetahuan lokal penting: Give2Asia memiliki tim staf lokal, penasihat dalam negeri, dan mitra di setiap negara tempat kami bekerja, memastikan proyek efektif, hasilnya transparan, dan penerima hibah bertanggung jawab. Mereka sebagian besar bekerja dengan individu, keluarga, yayasan dan perusahaan untuk membangun tanggung jawab sosial dan kehadiran filantropi di Asia.

Yayasan Karya Salemba Empat adalah yayasan yang berkomitmen untuk membantu pendidikan anak-anak bangsa. Yayasan KSE dinobatkan sebagai beasiswa dengan penerima terbanyak kedua se Indonesia setelah Bidikmisi. Sampai hari ini, Yayasan KSE telah bekerjasama dengan lebih dari 30 Donatur (baik berbentuk perusahaan maupun individu) untuk memberikan bantuan finansial dan program program kepada para Beswan KSE .Berdiri pada tahun 1995 dengan jumlah founder sebanyak 8 orang dari FE UI. Pada tahun 1996 Yayasan Karya Salemba Empat resmi menjadi sebuah Yayasan/Foundation dengan jumlah penerima beasiswa sebanyak 10 mahasiswa. Hingga saat ini tercatat sudah 30 PTN (dari Sabang sampai Marauke) yang menerima manfaat beasiswa ini dengan total penerima sebanyak kurang lebih 12.000 mahasiswa



Carousel imageCarousel imageCarousel imageCarousel imageCarousel imageCarousel image

Camp TFI Akademik Tahun 2020-2021 di laksanakan di Plaza Hotel, Kota Semarang, Jawa Tengah, pada tanggal 15 - 21 November 2021. Kegiatan Camp TFI memberikan pelatihan terkait dengan pengembangan, dan kajian teknologi, serta memberikan pembinaan terhadap tindak lanjut dari inovasi para mahasiswa untuk selanjutnya dapat di implementasikan. camp TFI ini di hadiri oleh perwakilan paguyuban yang ada di indonesia dengan membawa karya inovasi mereka untuk di implementasikan pada program Implementasi Technology For Indonesia. Kegiatan yang di laksanakan selama kurang lebih seminggu telah melaksanakan penerapan teknologi di beberapa daerah yang ada di jawa tengah yaitu. Desa Sumur Boto, dengan sosialisasi dan implementasian dari hasil karya inovasi para beswan berupa Teknologi Pirolisis, Bataplas, Annonexbent, POC Serabut Kelapa, Ecobrick, Touchless Handsanitizer, Pemberian Nutrisi Pada Hidroponik Secara Otomatis, Sabun dari KUlit Pisang, Teh Daun Kelor, SENSIM, dan SALMOFIL. Selanjutnya Implementasi juga di lakukan di Desa Gedawang, dengan melakukan implementasi dan sosialisasi terhadap karya inovasi kepada kelompok tani yang ada di sana. teknologi yang di terapkan di Gedawang adalah Pengolahan Kotoran Sapi Menjadi Kertas Karton, dan SALMOFIL/ POC dari Air LIndi. Kemudian Tempat terakhir yang menjadi sasaran implementasi dari program ini adalah di Demak, tepatnya di Kecamatan Sayung, bentuk teknologi yang di implementasikan di daerah itu adalah,, Penetralan Air Garam Menjadi Air Murni ( R2M21 ), dan Wasarol. selain itu, teknologi yang di terapkan di desa sumur boto dan gedawang juga di sosialisasikan kepada masyarakat disini.

Pada Hari Minggu, 21 November 2021, Give 2 Asia bersama KSE melakukan simbolis penyerahan teknologi-teknologi dari kegiatan IMPLEMENTASI TFI kepada masyarakat, dengan di hadiri oleh Ibu Wakil Walikota Semarang. pada kegiatan tersebut, hasil inovasi para mahasiswa kebali di perkenalkan dan di sosialisasikan kepada warga yang hadir saat acara tersebut. banyak harapan besar dari ibu walikota untuk keberlangsungan program kegiatan ini, karna dinilai sangat bermanfaat dan membantu masyarakat unotuk menyelesaikan permasalahan yang terdapat di lingkungan mereka.

Tempat

Kegiatan Implementasi Technology For Indonessia dilaksanakan di Bogor, Jawa Barat. mulai tanggal 4 - 12 Juni 2022. kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dari para inovator muda KSE yang telah berjuang dan berhasil untuk menciptakan sebuah inovasi yang tentunya bermanfaat dan berdampak bagi kesehatan serta lingkungan, dan membantu masyarakat dalam meningkatkan pertumbuhan UMKM.